Senin, 28 Januari 2013

perawatan ayam bangkok

Memilah secara fisik pada ayam yang memang mempunyai perbedaan mencolok antara yang biasa dengan petarung tangguh sudah ada artikelnya di ciri fisik ayam bangkok/aduan. Dapat dipahami secara insting masing-masing orang dalam menilai ayam bangkok/aduan tentang kemampuan gaya bertarung, pukulan dan lain sebagainya. Disamping melihat secara langsung fisiknya dapat digambarkan juga beberapa pukulan dan teknik ayam bangkok/aduan sebagai berikut:
    Teknik Ayam Aduan
  1. Teknik Pukulan Satu, terkenal dengan fisiknya yang kuat, dadanya tegap, serta pundak & lehernya tidak beruas. Pukulan ayam jenis ini hanya satu persatu, tetapi ketika pukulan tersebut tepat mengenai lawannya, maka hampir dapat dipastikan lawannya akan kaget & terpojok. Teknik pukulan yg biasa dipakai adalah pukul depan & pukul serong (nggunting).
  2. Teknik Pukulan Seri, ditandai banyaknya pukulan yang dilepaskan secara cepat (gancang) namun terkadang pukulannya kurang akurat. Apabila ayam tersebut berasal dari induk yang pernah menjadi juara kalangan, pukulannya sangat akurat sehingga tidak akan lama menghabisi musuhnya. Ayam bangkok dengan teknik pukulan seri biasanya mempunyai gerakan yang sangat lincah, gesit & lebih suka memukul lawannya dari arah depan.
  3. Teknik Kunci Pukul, Teknik ini sangat ditakuti karena sangat sulit dipukul oleh lawan dan mampu mengunci gerakan kepala & leher lawan (menutup pergerakan lawan). Caranya adalah menindih kepala & leher lawan sehingga lawan mengalami kesulitan mencari kepala musuh. Pukulan serong adalah senjata terbaiknya untuk memukul balik lawan. Jika terkena pukulan ini, bagian atas leher & kepala lawan bisa robek atau bengkak.
  4. Teknik Pukulan Belakang, Teknik pukulan belakang termasuk unik, karena suka menyerang & memukul lawannya dari arah belakang. Selain terkenal sangat ampuh & mematikan, pukulan dari belakang juga sulit diantisipasi lawan. Ketika bertarung, ayam akan masuk & mematuk kepala lawan, lalu dengan gerakan yang cepat memutar badan & memukul dari belakang.
  5. Teknik Pukulan Teleh atau Janggut, Sebelum memukul, ayam akan memainkan kepalanya di bawah leher lawan. Kemudian dari bawah dagu lawan akan melepaskan pukulan yang sangat keras. Kekuatan pukulan tersebut menjadi dua kali lipat karena tenaga lawan yang bersiap untuk melakukan pukulan ikut tersedot sehingga bebannya menjadi dua kali lipat.
  6. Teknik Ngoyor, Teknik pukulan jenis ini termasuk yang paling buruk, sebab musuh dapat dengan mudah memukul kepala karena sering berada di bawah (ngumpan). Namun, jika posisi kepalanya sangat rendah musuh akan mengalami kesulitan untuk melakukan pukulan. Ayam dengan gaya bertarung seperti ini hanya mempunyai senjata andalan berupa pukulan satu dan biasanya sangat keras.
Gaya bertarung ayam aduan tersebut tidaklah menjadi patokan menjadi ayam jawara, karena ayam bangkok/aduan akan kalah oleh ayam. Tidak heran jika ayam mahal terkadang tumbang oleh ayam yang biasa saja (tidak mahal). Identiknya ayam mahal itu pasti punya keturunan jawara sedangkan yang biasa masih belum jelas. Tetapi apa salahnya jika berusaha mencari yang terbaik.
Di peroleh daari  
http:// ngimprung.blogspot.com

Cara Memilih Ayam Jago Bangkok

Memilih Ayam Bangkok kualitas terbaik bukanlan suatu hal yang mudah untuk dilakukan, terlebih lagi hal ini disebabkan karena banyaknya ciri-ciri umum dan khusus yang harus dipenuhi saat memilih dan membeli Ayam Bangkok.




Ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan saat memilih dan membeli Ayam Bangkok. Beberapa ciri-ciri penting tersebut yaitu:
1. Kepala model buah pinang (Prioritas Utama)
2. Paruh panjang dan tebal
3. Leher lurus dan tebal
4. Badan panjang (Prioritas Utama)
5. Dada bidang
6. Bahu Kuncup
7. Sayap rapat dan panjang (Prioritas Utama)
8. Pangkal ekor besar/tebal dan kaku (Prioritas Utama)
9. Paha bulat dan pipih (Prioritas Utama)
10. Ekor lebat dan menyentuh tanah
11. Lutut menekuk
12. Kaki bulat dan kering, sisik rapih
13. Jari panjang dan halus

Memang tidaklah mudah untuk menemukan ayam yang memiliki ciri-ciri di atas secara lengkap, tapi paling tidak kita menemukan beberapa ciri sudahlah sangat bagus, dan menurut bang Jackone, minimal ciri prioritas utama haruslah dapat dipenuhi, dan bilapun tidak bisa, minimal 5 dari total 13 ciri haruslah dipenuhi saat membeli ayam sehingga akan dapat memberikan kepuasan dalam memeliharanya.

Ciri-Ciri Umum Ayam Laga
Beberapa Ciri-Ciri penting Ayam Laga yaitu:
• Batok kepala dan tulang alisnya tebal.
• Bulu mengkilap dan kaku, terutama pada bulu sayap dan ekor.
• Kaki bersisik kasar, dengan bentuk dari persegi empat sampai bulat.
• Kepalanya berbentuk buah pinang.
• Ketika berdiri, sikap badannya tegak.
• Mata masuk ke dalam, sipit, dan jernih.
• Kulit muka kasar, tebal dan berwarna merah.
• Paruh besar, kuat melengkung, beralur mulai dari lubang hidung ke arah muka.
• Lubang hidung agak ke depan.
• Jari kaki panjang, kecil, kuat dan susunan jarinya mekar.
• Pandai memukul bagian vital lawan.
• Pukulan keras dan akurat.
• Semangat tarung tinggi.
• Tulang-tulangnya kasar dan rapat.
Ciri-ciri khas yang dimiliki oleh ayam Bangkok inilah yang membuatnya sangat terkenal kehebatannya di arena tarung di seluruh dunia.
http://chapung.peperonity.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar